Eksklusivitas Batik Tulis Lasem


Spesial Melayani Batik Tulis Lasem


Tidak Melayani Batik Cap dan Printing



Saya bangga dengan Batik Tulis Lasem. Kebanggan ini saya wujudkan dengan memakai Batik Tulis Lasem. Saya tidak memakai batik cap dan printing.

Bukan bermaksud meremehkan, ini hanya soal selera. Bagi saya Batik Tulis Lasem lebih memiliki nilai artistik estetis. Saya merasakan ada keunikan di setiap motif Batik Tulis Lasem. Pancaran aura keindahan Batik Tulis Lasem selalu berbeda, sehingga menjamin eksklusivitas penggunanya.





Hijau Cakaran
Bahan Primis
Harga Rp350.000





Nila Sekar Jagad
Bahan Primis
Harga Rp600.000


Saya juga hanya menawarkan dan melayani Anda Batik Tulis Lasem. Bukan batik cap dan batik printing. Keaslian dan kualitas Batik Tulis Lasem menjadi taruhan kredibilitas. Saya berikan orisinilitas, karena tujuan saya adalah kepuasan dan eksklusivitas Anda.





Coklat Kipas
Bahan Primis
Harga Rp350.000





Hijau Latohan
Bahan Prima
Harga Rp195.000


Namun Anda pun perlu tahu perbedaan Batik Tulis Lasem, batik cap, dan batik printing, sehingga bisa memahami keaslian Batik Tulis Lasem. Berikut beberapa perbedaan dari ketiganya:

Batik Tulis Lasem :

  1. Digambar secara manual dengan menggunakan canting.
  2. Antara ornamen yang satu dengan ornamen lainnya agak berbeda walaupun bentuknya sama. Tidak bisa sama persis, karena dibuat secara manual menggunakan tangan.
  3. Bentuk isen-isen relatif rapat, rapih, dan tidak kaku. Apalagi jika pembatiknya telaten dan rajin, hasilnya juga lebih rapi.
  4. Gambar batik tembus pada kedua sisi kain.
  5. Biasanya memiliki aroma yang khas, karena kainnya diwarnai dengan pewarna alam,seperti kulit kayu, kayu tingi (hitam), kayu teger (kuning), kayu jambal (coklat), daun Tom dan akarnya (biru). Tapi jika pewarna yang digunakan bukan pewarna alam, aroma khas tidak muncul.
  6. Waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan batik tulis relatif lebih lama. Pengerjaan batik tulis yang halus bisa memakan waktu 3 hingga 6 bulan lamanya. Lamanya pengerjaan tergantung pada tingkat kerumitan motifnya. Makin rumit motifnya, tentu saja membutuhkan waktu lebih lama untuk pengerjaannya.
  7. Harganya relatif lebih mahal, karena proses pengerjaannya rumit, dari segi kualitas juga lebih bagus, eksklusif, dan merupakan karya personal.


Batik Cap
:

  1. Dibuat dengan menggunakan cap, namun masih tetap menggunakan teknik batik (malam sebagai bahan perintang warna).
  2. Antara ornamen yang satu dengan ornamen lainnya pasti sama. Karena menggunakan alat bantu cap, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan hasil motif ornamen yang seragam.
  3. Ukuran garis motif relatif lebih besar dibandingkan dengan batik tulis.
  4. Namun bentuk isen-isen tidak rapi, agak renggang dan agak kaku. Apabila isen-isen agak rapat maka akan terjadi mbeleber (goresan yang satu dan yang lainnya menyatu, sehingga kelihatan kasar).
  5. Gambar batik tembus pada kedua sisi kain.
  6. Warna dasar kain biasanya lebih tua dibandingkan dengan warna pada goresan motifnya. Hal ini disebabkan batik cap tidak melakukan penutupan pada bagian dasar motif yang lebih rumit seperti halnya yang biasa dilakukan pada proses batik tulis.
  7. Waktu yang dibutuhkan untuk sehelai kain batik cap lebih cepat dibanding batik tulis.
  8. Harga batik cap relatif lebih murah dibandingkan dengan batik tulis. Karena kualitasnya masih kalah dengan batik tulis, diproduksi semi massal, sehingga kurang istimewa dan kurang eksklusif.
Batik Printing :

  1. Pengerjaannya dengan menggunakan mesin. Tidak menggunakan teknik batik. Tidak menggunakan malam sebagai bahan perintang warna.
  2. Teknik yang digunakan, teknik cetak layaknya industri tekstil. Tidak jarang menggunakan mesin cetak yang komputerise.
  3. Ornamen bisa sama, bisa tidak, karena tergantung desain batik yang akan ditiru.
  4. Batik printing biasanya meniru motif batik yang sudah ada.
  5. Namun Karena proses pengerjaannya satu muka saja, maka warna batik printing tidak tembus di sisi baliknya.
  6. Waktu pengerjaannya lebih cepat. Merupakan industri massal, sehingga tidak memiliki nilai eksklusifitas sama sekali.
  7. Harga lebih murah daripada kedua jenis batik diatas.
Semoga Anda puas… dan terima kasih.

4 Responses to "Eksklusivitas Batik Tulis Lasem"

  • Jeng Ida says:
  • Jeng Ida says:
Leave a Comment