Batik Lasem Murah

Murah bukan berarti murahan..! Kalimat ini sering menjadi azimat dalam memasarkan produk, termasuk memasarkan Batik Tulis Lasem.

Banyak konsumen terbujuk rayuan bahasa iklan ini. Merasa mendapat harga murah, mereka memborong Batik Tulis Lasem. Meskipun tanpa disadari, mereka sebenarnya membawa pulang Batik Tulis Lasem dengan kualitas rendah.

Bagaimana kalau kejadian itu menimpa Anda?

Pasti Anda kecewa. Maka, jangan mudah terprovokasi iklan Batik Lasem murah. Ingatlah selalu adigium ono rego ono rupo. Ada harga ada kualitas barang. Kualitas Batik Tulis Lasem erat kaitannya dengan harga. Semakin bagus kualitas Batik Tulis Lasem pasti semakin tinggi harganya.

Nah, agar Anda tidak keblondrok saat belenja Batik Tulis Lasem, yakni dengan membayar harga yang tidak sesuai kualitas batik meski tampak lebih murah, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dulu faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas Batik Tulis Lasem.

Ada beberapa faktor utama pendukung kualitas Batik Tulis Lasem, diantaranya jenis bahan/kain yang digunakan, jumlah warna, keunikan motif, dan keahlian sumber daya manusianya dalam memproses (processing) dan menyelesaikan (finishing) batik art (seni batik) ini
.


Harga Berdasar Bahan


Menilai harga Batik Tulis Lasem bisa diawali dari bahan/kain yang digunakan. Ada tiga jenis bahan/kain yang umumnya digunakan untuk membuat Batik Tulis Lasem, yakni katun prima, katun primis, dan sutera.


Batik Tulis Lasem berbahan katun prima paling murah harganya. Batik ini acap disebut batik kasaran, karena dibuat dengan bahan yang kurang halus. Kualitas kehalusan katun prima memang kalah kelas dibanding katun primis dan sutera. Harga katun prima ini tentu saja yang paling murah, yakni sekitar Rp30.000 untuk membuat selembar batik berukuran sekitar 240x105 cm.




Batik Tulis Lasem Kipas Abu-abu
Bahan Katun Prima
Harga Rp195.000,


Batik Tulis Lasem berbahan katun prima biasanya dijual dengan harga antara Rp150.000 hingga Rp300.000 per lembar batik, tergantung jumlah warna dan keunikan motifnya. Namun biasanya, Batik Tulis Lasem berbahan katun prima berwarna dan bermotif sederhana.




Batik Tulis Lasem Kipas Coklat Kemerahan
Bahan Katun Primis
Harga Rp375.000,




Batik Tulis Lasem Kipas Abu-abu Hijau
Bahan Katun Primis
Harga Rp375.000,


Batik Tulis Lasem berbahan katun primis harganya lebih tinggi. Katun primis ini lebih halus dibanding katun prima, sehingga sering untuk membuat batik alusan. Pengrajin Batik Tulis Lasem harus mengeluarkan biaya sekitar Rp60.000 untuk membuat selembar batik berbahan katun primis berukuran 240x105 cm.





Batik Tulis Lasem Kipas Pink Soft
Bahan Katun Primis
Harga Rp450.000,





Batik Tulis Lasem Kipas Biru Hijau
Bahan Katun Primis
Harga Rp525.000,


Harga Batik Tulis Lasem berbahan katun primis biasanya diatas Rp300.000, tergantung jumlah warna dan keunikan motifnya. Semakin banyak warna dan semakin unik serta klasik motifnya, harganya semakin tinggi. Jadi, jangan heran jika menjumpai Batik Tulis Lasem berbahan katun primis yang harganya bisa mencapai di atas Rp1juta.

Batik Tulis Lasem yang termahal berbahan sutera. Tidak heran, jika Batik Tulis Lasem sutera ini dibuat secara sangat terbatas, ekslusive, dan sangat tersegmentasi pada golongan kelas atas. Harga sutera ini tentu saja jauh dari harga katun prima dan primis.


Kemewahan sutra yang bersifat lembut,licin, mengkilap, dan kuat, manjadikan harga Batik Tulis Lasem bisa mencapai di atas Rp3juta/lembar batik, bergantung pada jumlah warna dan keunikan motifnya. Semakin banyak warna dan semakin unik motifnya, harga Batik Tulis Lasem Sutera ini dipastikan semakin melambung tinggi. Oke, silakan Anda memilih…! (bersambung… harga berdasar jumlah warna)

Leave a Comment